Selasa, 12 September 2017

NASKAH PIDATO BERBAKTI KEPADA ORANGTUA 2

BERBAKTI KEPADA ORANGTUA

            Assalamuallaikum warohmatullohiwabarokaatuh,
Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman peserta lomba yang saya cintai,
            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya, sehingga pada hari ini kita dapat bertatapmuka dalam rangka lomba khitobah tahun 2017 tanpa halangan suatu apapun. Sholawat serta salam marilah senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, semoga kelak kita mendapat syafaatnya di yaumil kiamah, amin Allahuma amiin.
            Pada kesempatan yang berbahagia ini saya...... dari .........,  akan menyampaikan pidato dengan tema “berbakti kepada orangtua”.https://naskahpidatoanaksd.blogspot.com/2019/07/cinta-tanah-air-dengan-bijak.html
            Berbakti menjadi kewajiban utama setiap anak kepada orangtuanya yang telah berjasa sejak kita belum ada, di dalam kandungan, setelah dilahirkan, bahkan setelah kita dewasa kita masih selalu merepotkan. Sebesar apapun kebaikan yang kita lakukan untuk orangtua takkan dapat membalas jasa dan perjuangan orangtua kita dalam merawat, membesarkan dan mendidik kita.

            Sebagai wujud balas budi terhadap orangtua kita harus berbakti kepada keduanya, meskipun bakti kita takkan dapat membalas segala kebaikan orangtua tetapi hal itu akan dapat membahagiakannya, karena bakti kita kepadanya akan dapat menghibur dan menghilangkan segala kesusahan dan penderitaan saat membesarkan kita. Buatlah mereka bangga memiliki kita, anak-anaknya yang berbakti tulus padanya.https://naskahpidatoanaksd.blogspot.com/2019/07/cinta-tanah-air-dengan-rajin-belajar.html
            Teman-teman yang saya cintai, mari bernyanyi bersama-sama
            Ayo hormati ibumu
            Ayo sayangi ayahmu
            Berbakti dengan tulus
            Semoga Allah meridoimu
Berbakti tidak harus dengan sesuatu yang mahal, tidak harus pula menyanjung-nyanjung orangtua. Keadaan kita yang tidak berlebihan, jangan menjadi alasan untuk tidak berbakti kepadanya. Dengan mendengarkan dan menjalankan nasehatnya, karena semua nasehat orangtua pasti yang terbaik, jika orangtua meminta kita melakukan sesuatu jangan membantahnya, jangan pula kita membentaknya. Hati orangtua sangat sakit ketika kita sebagai anaknya tidak mendengarkan apa nasehatnya, apalagi membentaknya dengan kata-kata yang kasar. Dalam surah Al Israa ayat 23 dijelaskan:
Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”.
Seorang mubaligh sekaligus musisi dangdut, Bang Haji Rhoma Irama dalam lagunya mengatakan, letak keramat bukan di sebuah kuburan, bukan di dukun, bukan lautan tempat meminta sesuatu, tetapi tiada keramat yang ampuh di dunia, selain doa ibumu jua. Jadi jangan kita mencari-cari keramat kesana-kemari tetapi keramat yang ada di rumah kita sendiri kita tinggalkan. Begitu besar jasa dan perjuangan orangtua kepada kita sampai Allah mengabulkan setiap doa orangtua untuk anak-anaknya yang soleh/solekha dan senantiasa berbakti.
Dewan juru dan teman-teman yang saya banggakan,
Sebelum menutup pidato saya akan berpantun:
Pergi ke Mesir naik kuda
Mesir banyak unta dan sahara
Mari berbakti kepada orangtua
Jadilah anak sholeh-sholekha

Sekian pidato saya, mohon maaf segala kekhilafan, ushikum wa nafsi bitaqwallah Wassalamuallaikum warohmatullohiwabarokaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar