Selasa, 03 September 2019

GEMAR MENABUNG

PENTINGNYA GEMAR MENABUNG
Assalamuallaikum warahmatullahi Wabarakaatuh
Audzubillahiminasyaitanirrajim bismillahirrahmanirrahim
Kepada yang terhormat bapak ibu guru SDN 01 Wringinagung Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan.
Kepada yang terhormat Bapak Korwil Doro
Yang saya hormati para dewan juri
Yang saya hormati para tamu undangan
Yang saya hormati pula hadirin yang berbahagia
Tak lupa teman-temanku tercinta di SDN 01 Wringinagung dan teman-teman peserta lomba dari SD se Korwil Doro.
Pertama-tama dan utama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya sehingga pada hari ini kita masih diberi nikmat sehat dan dapat bertatapmuka dalam rangka lomba pidato, tanpa halangan suatu apapun. Shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umat islam dari jaman jahiliyah ke jaman terang benderang. Semoga kelak di yaumul kiamah kita semua akan mendapat Syafaat dari beliau. Amin Allahuma amin.
            Hadirin yang dimuliakan allah SWT.
Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah saya menyampaikan pidato dengan tema Gemar Menabung. Menabung harus dilakukan oleh siapapun baik anak-anak sampai orangtua. Jika kita rajin menabung kita akan dapat merasakan hasilnya setelah suatu saat terkumpul dan dapat digunakan dengan tepat pada saat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Seringkali kita menyepelekan menabung dan menganggap nanti saja, maka pendapat yang demikian itu akan menghambat keberhasilan kita sendiri karena mau tidak mau suatu saat kita akan membutuhkan pendanaan yang seringkali tidak ada dalam agenda kita sedangkan ada suatu hal itu kita harus ikuti dan tidak bisa tidak.
Teman-teman yang saya cintai
Sebagai contoh bagi kita yang masih berstatus pelajar adalah ketika kita tiba-tiba dihadapkan pada suatu pilihan untuk ikut kegiatan study tour. Kita mau ikut orangtua kita keuangannya terbatas sedangkan kalau tidak ikut kita tidak mungkin karena setiap siswa harus membuat laporan study sebagai salah satu kelengkapan kegiatan belajr mengajar. Nah semua itu akan dapat kita atasi apabila kita jauh-jauh hari sudah menabung selama lebih dari setahun pasti sudah terkumpul cukup banyak yang akan sangat membantu pembayaran tersebut. Mungkin hasil tabungan tersebut tidak sangat banyak tetapi akan sangat membantu orangtua kita dan akhirnya orangtua akan bersemangat menambahi kekurangannya. Setidaknya untuk uang jajannya kita sudah pegang dan orangtua pasti akan sangat bahagia mengetahui tidak harus memberi uang saku hanya membayar transportnya saja.
Hadirin yang berbahagia.
Mungkin teman-teman sedikit pasimis dengan menabung, dan berpendapat darimana uang untuk menabung sedangkan sehari-hari uang saku kita sedikit. Teman-teman tercinta, orangtua kita setiap hari pasti memberikan uang saku kepada kita. Nah sedikit demi sedikit kita sisihkan jangan dipakai jajan semua, tidak harus banyak tetapi asalkan sering nanti hasilnya akan banyak. Suatu saat orangtua juga pasti memberi uang saku berlebih tidak seperti biasanya karena suatu saat pula orangtua kita mendapat rizki yang lebih banyak dari hari biasanya. Nah ingatlah pada tabungan kita untuk mengisinya.
Teman-teman yang saya sayangi.
Nanti teman-teman akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa ketika harus membeli keperluan sekolah yang harus dipakai tanpa meminta uang dari orangtua kita. Kita pasti akan mempunyai kebanggaan tersendiri memiliki barang yang kita beli dari uang sendiri dibandingkan dengan barang yang dibeli dengan uang pemberian dari orangtua kita. Kita juga akan lebih merasa memiliki, menghargai banget dan merasa menyayangi serta merawatnya dengan hati-hati karena itu kita beli dari uang sendiri sehingga pasti kita jaga dengan sangat penuh perhatian dan perawatan yang lebih baik.
Teman-teman tercinta dan dewan juri yang saya hormati.
Kebiasaan menabung sejak kecil ini selanjutnya pasti akan kita teruskan sampai kita dewasa hingga tua. Menabung menjadi keharusan yang tidak bisa kita tinggalkan karena kita sudah merasakan manfaatnya dan otomatis lebih semangat melanjutkannya dan lebih banyak jumlahnya karena semakin banyak menabung maka semakin banyak pula keperluan yang nantinya bisa terbeli. Mari gemar menabung untuk masa depan yang lebih baik. Dengan menabung kita belajar hemat dan dengan menabung kita belajar menata menata keuangan kita sejak dini untuk meraih cita-cita.
Nah teman-teman kiranya sekian dulu apa yang saya sampaikan, semoga membawa manfaat yang sebaik-baiknya bagi kita. Mohon maaf atas segala kekurangan. Billahitaufiq walhidayah wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar