Senin, 09 September 2019

MENJAGA SILATURAHMI

MENJAGA SILATURAHMI
            Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Audzubillahiminasyaitanirrajim bismillahirrahmanirrahim
Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SDN 01 Wringinagung.
Kepada yang terhormat Bapak ibu guru dewan juri lomba pidato yang kami muliakan.
Kepada seluruh tamu undangan yang pada hari ini hadir.
Kepada teman-teman peserta lomba yang saya cintai dan seluruh teman-teman siswa-siswi SDN 01 Wringinagung yang saya sayangi.
            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmah dan hidayahNya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam rangka lomba pidato se Korwil Doro tanpa halangan suatu apapun. Shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad nabi akhir jaman yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah ke jaman penuh rahmah Illahi yang terang benderang.
            Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah saya akan menyampaikan pidato dengan tema menjaga silaturahmi. Mengapa saya mengambil tema tersebut, karena banyak teman-teman di sekitar kita yang belum memahami betul bagaimana keajaiban silaturahmi. Sebagian dari kita hanya mengenal bahwa silaturahmi artinya menyambung persahabatan, persaudaraan atau kekerabatan supaya tidak terputus. Sehingga orang-orang melakukannya hanya sebatas datang diwaktu yang tertentu yang penting mengabarkan bahwa inilah saya sahabatmu atau saudaramu.
            Hadirin yang berbahagia.
Silaturahmi mempunyai arti kekerabatan sehingga menjaga silaturahmi berati menjaga hubungan kekerabatan supaya tidak terputus melalui cara saling mengunjungi dan saling komunikasi untuk saling mengabarkan. Mengapa kita harus menjaga silaturahmi teman-teman?  Dengan silaturahmi tentu akan terjalin hubungan yang baik sehingga bisa saling mengetahui antara satu dan lainnya
Salah satu manfaat silaturahmi adalah mendapat ridho Allah SWT.  Maka sebuah perbuatan yang mendapat ridho Allah akan dipermudah, dilancarkan, dan pasti akan dilimpahkan pahala yang luar biasa pula. Nah teman-teman tentunya ingin bukan mendapat pahala dari Allah? Jawabannya tentu mau, oleh karena itu menjalin silaturahmi harus dilakukan dengan guru-guru kita, teman-teman lebih-lebih dengan kerabat atau saudara. Dengan silaturahmi tentu akan dapat kita peroleh berbagai manfaat yaitu menghilangkan berbagai prasangka yang muncul akibat lama tidak bertemu maka setelah adanya silaturahmi bisa saling memberitahukan berbagai hal yang mungkin terjadi selama kita tidak bertemu.
Banyak lagi manfaat silaturahmi yang akan kita peroleh diantaranya yaitu membuat orang yang kita kunjungi merasa berbahagia. Hal ini sangat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yaitu amal yang paling utama adalah membuat seseorang bahagia. Kehidupan seseorang tidak selalu dalam keadaan baik-baik dalam berbagai hal. Saat demikian itu ia butuh orang lain untuk sekedar berbagi keluh kesah dan beban. Nah saat kita bersilaturahmi tersebut tentu ia akan senang kedatangan kita karena bisa saling mendoakan dan beban akan sedikit berkurang setelah menerima saran dan masukan yang baik. Suatu yang mungkin terjadi adalah akan muncul penyelesaian masalah dan itu sangat membahagiakan orang yang kita kunjungi. Bahagianya seorang kerabat atau teman yang lama tidak bertemu kita berkunjung Teman-teman masih banyak lagi manfaat silaturahmi yang lainnya.
Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman peserta lomba yang saya sayangi.
Sebagai umat islam kita harus menjaga silaturahmi selama hidup kita dan pahala silaturahmi ini akan terus mengalir saat kita sudah tiada. Mari kita jaga dan jalin silaturahmi ini dengan sebaik-baiknya
 Sebelum saya akhiri mari kita berpantun, dengarkan ya teman-teman.
Pergi ke bali membeli roti
Rotinya enak rasanya
Mari jalin silaturahmi
Sebagai bekal masuk surga

Kiranya sekian dulu pertemuan kita, semoga kita kembali bertemu dalam kesempatan yang lebih baik dengan kondisi yang sangat lebih baik dari hari ini. Mohon maaf atas segala kekurangan segala kebaikan adalah milik Allah SWT. Saya akhiri billahitaufiq walhidayah wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakaatuh.Maturnuwun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar