Kamis, 05 September 2019

SEHAT ITU MAHAL

SEHAT ITU MAHAL
            Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Audzubillahiminasyaitanirrajim bismillahirrahmanirrahim.
Kepada yang terhormat bapak kepala SDN 01 Wringinagung, Bapak Romadi, S.Pd.,M.Si.
Kepada yang terhormat Bapak Komite SDN 01 Wringinagung.
Kepada yang kami hormati bapak ibu guru SDN 01 Wringinagung.
Kepada yang terhormat bapak ibu guru dewan juri.
Yang kami hormati bapak ibu guru pendamping.
Yang saya cintai teman-teman peserta lomba dan teman-teman di SDN 01 Wringinagung yang saya sayangi.
            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam kondisi yang sehat tanpa halangan, semua karena Allah SWT. Shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya kelak di yaumil kiamah. Amin Allahuma amin.
Pada kesempatan yang penuh rahmah Allah taalla ini, ijinkanlah saya menyampaikan pidato dengan tema sehat itu mahal. Kenapa dikatakan mahal, nanti saya akan sedikit menyampaikan tentang sehat. Sehat dan manusia hidup tidak bisa dipisahkan karena manusia hidup butuh sehat, namun apakah setiap manusia yang hidup sudah sehat. Jawabannya banyak yang tidak tahu namun menjawab sehat. Benarkah teman-teman?
Teman-teman yang saya sayangi.
Apakah saat ini kita merasa sehat, ada yang menjawab saya sehat, saya agak batuk, juga ada yang menjawab kepala saya agak pusing dan lain sebagainya. Saat badan terasa tidak sehat yang kita rasakan adalah makan tidak enak mau berjalan seakan mau jatuh, yang bisa kita lakukan hanyalah tiduran sambil merintih. Betapa tidak enaknya saat badan kurang sehat itu. Pada saat itu kita menyadari betapa ingin kita sehat dan melakukan semua aktifitas seperti biasa.

Rasanya ingin saat itu juga kita membeli sehat agar saat itu juga kita langsung dapat pulih kembali. Namun apakah secepat itu kita bisa sehat. Secepat apapun sebuah obat pasti akan membutuhkan waktu untuk memulihkan kita dalam beberapa hari. Kerja obat tersebut disesuaikan dengan kemampuan badan kita dalam menerimanya. Jika badan kita diberikan obat dosis tinggi sedangkan badan kita tidak mampu, bukannya sembuh tapi akan menimbulkan dampak lain yang sangat tidak baik, yang justru akan membuat badan kita nantinya terkena dampak akibat over dosis penggunaa obat yang akan sangat membahayakan organ yang ada dalam tubuh kita yang mungkin akibatnya bisa fatal.
Betapa indah dan bahagia saat kita sehat makan enak, mau apa-apa terasa ringan, kemana-mana bisa dan hari-hari begitu indah dapat kita nikmati dengan bahagia. Ketika salah satu teman kita terkena penyakit yang berat misalnya stroke, betapa ia pingin membeli obat semahal apapun karena ia orang kaya. Tapi pengobatan demi pengobatan belum tentu langsung cocok mengatasi penyakitnya. Saat sehat makan terasa enak meski hanya dengan tempe dan sayur. Tetapi orang yang sakit melihat daging dan bakso super enak terasa pahit dan mau muntah. Bahkan orang yang sakit tertentu sampai tidak bisa makan sama sekali.
Hadirin yang berbahagia.
Marilah jaga sehat kita dari sekarang mulai dari diri kita, keluarga, lingkungan sekitar dan sebaiknya kita juga mulai menyehatkan masyarakat yang ada di sekitar kita. Mulai dari diri dengan mulai hidup sehat terhadap badan, pikiran dan lingkungan maka nantinya masyarakat pasti akan menilai betapa baiknya mengikuti cara hidup sehat kita karena orang yang hidup sehat pasti akan terlihat lebih baik dalam setiap kesempatan baik pribadinya maupun lingkungan sekitar rumah dan dalam masyarakat. Semoga kelak kita dapat bersama-sama menyehatkan masyarakat meski kecil peran kita mudah-mudahan nantinya orang lain akan mengikuti kita dan akhirnya akan meluas hingga masyarakat yang lebih banyak.
Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai.
Kiranya sekian perjumpaan kita, semoga kita bertemu di lain kesempatan dalam suasana yang sehat dan penuh kebahagiaan. Mohon dimaafkan jika jika ada kekurangan, dan jika ada kelebihannya semata-mata karena Allah SWT. Ushikum wa nafsi bitaqwallah, wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakaatuh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar